Apakah Anda benar-benar memahami apa itu Proses Bisnis?

Apakah Anda benar-benar memahami apa itu Proses Bisnis?

Tulisan ini akan mengulas tentang definisi proses bisnis (Business Process), benefit bagi para stake-holder perusahaan, langkah-langkah praktis untuk memulai mendesain proses bisnis serta kajian terkait dengan proses bisnis. Disamping itu juga akan dijelaskan tentang Business Process Management (BPM) agar mendapat pemahaman yang lebih mendalam terkait dengan proses bisnis.

Setiap organisasi, baik yang berorientasi profit atau pun bukan, pastinya mempunyai sebuah aturan atau lebih bagaimana aktivitas-aktivitas yang terdapat di organisasi tersebut dijalankan. Aturan tersebut dibuat untuk memastikan bahwa pekerjaan atau tugas dapat diselesaikan dengan baik.

Entitas perusahaan adalah salah satu organisasi yang bersifat profit. Tidak peduli apakah perusahaan skala mikro hingga besar, pastilah terdapat aktivitas-aktivitas yang akan mengonversi sebuah masukan (input) menjadi keluaran (output) melalui sebuah proses. Rangkaian aktivitas-aktivitas inilah yang bisa disebut sebagai sebuah proses bisnis.

Secara definisi, proses bisnis adalah sekumpulan rangkaian aktivitas atau kegiatan yang terstruktur untuk menghasilkan sebuah layanan tertentu sesuai dengan tujuan. Untuk memahami secara sederhana, proses bisnis ini dapat dimaknai sebagai sebuah Standard Operating Procedure (SOP). Walaupun seolah-olah mirip, namun demikian, proses bisnis tidaklah sama dengan SOP.

Bagi Anda pelaku maupun pengelola sebuah bisnis, tentu saja mempunyai SOP untuk menjalankan operasional perusahaan.

Namun, apakah SOP yang ditetapkan perusahaan sudah dijalankan dengan baik ataukah belum?

Selanjutnya, apakah perusahaan Anda telah memiliki proses bisnis yang sesuaidengan karakteristik bisnis Anda?

Siapa yang wajib mengetahui proses bisnis?

Siapa yang seharusnya menjalankan proses bisnis tersebut?

Siapa yang berwewenang menilai jalannya proses bisnis?

Sepertinya masih banyak lagi deretan pertanyaan yang akan muncul untuk menguji seberapa peduli pengelola bisnis dalam menjalankan roda operasional perusahaan.

Proses bisnis memegang peranan penting dalam perkembangan perusahaan. Sebagai salah satu pilar perusahaan, kualitas proses bisnis akan menentukan bagaimana sebuah layanan atau produk dibuat. Proses bisnis mencerminkan bagaimana perusahaan dikelola, proses bisnis yang buruk tentu saja akan menyebabkan banyak masalah baik langsung maupun tak langsung.